Profil Prodi D4 Kebidanan

LATAR BELAKANG:
Sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No: 01/PER/M.PAN/1/2008 Tentang Jabatan Fungsional Bidan dan Angka Kredit; seorang bidan yang pegawai negeri sipil memiliki jenjang fungsional Bidan Terampil dan Bidan Ahli. Bidan Terampil adalah bidan yang minimal berpendidikan D1 Bidan sampai D3 Kebidanan dengan golongan ruang II/a sampai III/c. Sedangkan Bidan Ahli adalah bidan yang lulus dari jenjang D4 Kebidanan atau S1 Kebidanan dengan golongan ruang minimal III/a sampai dengan IV/c.

ijin-institut-kesehatan-helvetiaUU Pendidikan Tinggi No.12 Tahun 2012 menjelaskan tentang Jenis Pendidikan Tinggi di Indonesia terbagi atas 2 (dua) bagian; yaitu Pendidikan Akademik yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan cabang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terdiri atas S1, S2, dan S3. Jenis Pendidikan Tinggi lainnya adalah Pendidikan Vokasi yang menyiapkan Mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan yang terdiri atas D1 (Ahli Pratama), D2, D3 (Ahli Madya), D4 (Sarjana Terapan), Master Terapan, dan S3 Terapan. UU Dikti juga menjelaskan bahwa jenjang Pendidikan S1 dan D4 berada pada Level KKNI* yang sama yaitu Level-6. *KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Kesimpulannya adalah:

  1. S1 dan D4 berada pada Level KKNI yang sama yaitu pada Level 6.
  2. S1 dan D4 sama-sama dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan S2.
  3. S1 adalah pendidikan Akademik yang fokus kepada pengembangan daya nalar sehingga muatan mata kuliahnya 60% adalah Teori; sedangkan D4 adalah pendidikan Vokasi yang fokus kepada meningkat keahlian terapan tertentu dari taraf terampil menjadi mahir, sehingga muatan mata kuliahnya 60% adalah Praktek.
  4. Bila anda lulusan pendidikan D3 Kebidanan (Vokasi) jelas lebih linier bila anda melanjutkan ke jenjang pendidikan Vokasi D4 Kebidanan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.154 Tahun 2014 tentang “RUMPUN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SERTA GELAR LULUSAN PERGURUAN TINGGI”, Program Studi D4 Kebidanan menggunakan gelar atau sebutan profesional  Sarjana Terapan Kebidanan (S.Tr.Keb). Pada Permendikbud No. 154 juga ditetapkan bahwa jenjang pendidikan tertinggi bidan adalah D4 Kebidanan.

Program studi D4 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia pertama sekali berdiri dibawah institusi STIKes Helvetia berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 4019/D/T/2007 tanggal 29 Nopember 2007; dan telah Terakreditasi BAN-PT dengan Peringkat B sesuai dengan SK BAN-PT No.  002/SK/BAN-PT/Ak-IX/DpI-IV/l/2013. Berdasarkan Ijin Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No.231/KPT/I/2016 tentang perubahan status STIKes Helvetia menjadi Institut Kesehatan Helvetia program studi D4 Kebidanan berada dibawah naungan Institut Kesehatan Helvetia.